Selasa, 19 Agustus 2008

Paraih emas Di PON XVII, Tumbang di Kejurnas Jember

Jember – Peraih emas PON XVII olahraga paralayang, M Yazid tak mampu mempertahankan prestasinya di Kejurnas Paralayang Terbuka di Jember Minggu (17/8). 397 ponit yang dikumpulkannya sejak hari pertama kejurnas di buka pada hari Sabtu (16/8) lalu, kalah kecil dengan poin atlet dari Jawa Barat, Dedi Misbah.

Dedi berhasil mengumpulkan 40 poin di kejurnas paralayang terbuka d Jember dinyatakan sebagai juara pertama oleh tim juri kejurnas paralayang kali pertama di Jember.

Vice Organising Comite (OC) kejurnas, Bucek Depp mengatakan, sudah wajar jika pada perlombaan terdapat juara yang tak diduga oleh siapapun. Pasalnya agar dapat mendarat di matras gate centre secara tepat sesuai stadart juri dibutuhkan dukungan angin dan kemampuan pilot.

Kendatipun atlet sudah tercatat sebagai peraih emas pada kejuaraan tingkat atas, bukan berarti dia selalu menjadi pemenang, selain kemampaun keberuntungan juga bergantung pada pelaksanaan.

Terbukti bukan hanya M Yazid, atlet paralayang dari Australia Paul James Collins-pun juga kalah dikejurnas terbuka ini. Paul hanya mampu duduk diperingkat ke sepuluh dengan total poin 983.

“Memangs sich, kemampuan pilot itu utama, tapi jika angin dan panas bumi kala dia (pilot,red) terbang tak mendukung, maka mau tak mau poin yang diharapkan juga meleset,”jelasnya.

Meski demikian, Bucek merasa lega lantaran even yang berjalan sembilan sorti (babak,red) dan pertama di Jember ini berjalan lancar tanpa kecekalakaan. Para atlet yang mengikuti kejuaraan merasa puas, dengan adanya antusias panitia dan masyarakat.

Ditempat sama, penanngung jawab II kejuaraan peralayang terbuka mendampingi penanggung jawab I Ir Djuwarto mengatakan, even pertama kejuaraan paralayang terbuka diharapkan dapat memicu warga Jember untuk mencintai olahraga jenis aerosport ini.

Apalagi kata Satib, pada pembukaan kejurnas paralayang pada Sabtu (16/8) lalu, Bupati sempat berpesan agar federasi aerosport selurih Indonesia (FASI) dapat dikembangkan di Jember menjadi salah satu olahraga yang ditekuni dan berhasil melahirkan atlet.

“Mudah-mudahan saja pascaacara ini antusias masyarakat semakin bertambah untuk mengembang olahraga jenis aerosport,”tandasnya.

Daftar Urut Peraih Trophy Bupti di Kejurnas Paralayang Terbuka

No Nama Asal poin
1 Dede Misbah Jawa Barat 40 poin
2 Henning Paradigma Jawa Tengah 52 poin
3 Rachmat Sodikin Jawa Barat 338 poin
4 M Yazid Kaltim 397 poin
5 Acep Sunarya Jawa Barat 517 poin
6 Anang Sunarya Jawa Barat 550 poin
7 Ujang Mulayadi Jawa Barat 721 poin
8 Dedi Jawa Tengah 957 poin
9 Thomas Jakarta 973 poin
10 Paula James Collins Australia 983 pomit

Tidak ada komentar: